Photobucket

26 Desember 2008

Kenangan Tentang Vinerti


Tidak disangsikan lagi, memelihara kelinci alias arnabun merupakan salah satu pengalaman yang paling berkesan bagi anak-anak kelas folium SDIT Nurul Islam Yogyakarta. Kenapa ya? Karena dengan memelihara arnabun maka anak-anak telah belajar beberapa hal yang pentiiing banget.
Pertama, belajar menyayangi binatang. Arnabun adalah makhluk ciptaan Allah SWT juga. Dan bentuknya lucu ya. Menggemaskan untuk kita pegang, gendong dan diajak main. Semua arnab memiliki nama masing-masing. Salah satunya yang pernah menjadi maskot di kelas folium adalah Vinerti. Masih ingat nggak ayoo?
Kedua, belajar bekerja sama. Anak-anak memelihara arnabun dengan penuh tanggung jawab. Sang kelinci diperhatikan makanannya, kesehatannya dan kandangnya. Karena yang memelihara cukup banyak, maka ada pembagian tugas. Misalnya jadwal menyediakan makanan dilaksanakan secara bergilir. Wah asyik ya? Masih ingat saat kebagian tugas membawa makanan, dan membawakan wortel untuk arnabun?
Ketiga, belajar sabar dan bekerja keras untuk mendapat hasil. Ternyata agar kelinci kita bertambah gemuk dan besar, kita harus rajin dan bekerja keras memelihara. Tidak ada hasil yang datang tiba-tiba, melainkan harus kita usahakan sedikit demi sedikit dengan sa...bar. Iya, bukan dengan sayur ya jawabannya.
Keempat, yang terakhir yakni belajar ikhlas. Betapa tidak, karena ternyata Finerty kesayangan anak-anak telah dipanggil Allah SWT untuk selama-lamanya, sebelum beranjak dewasa. Mungkin ada hal yang luput dari perhatian sehingga kesehatannya tidak prima, dan akhirnya sakit hingga 'meninggal'. Betapa pun sayangnya anak-anak, tetapi kehilangan ini harus diikhlaskan jua...

0 comments:

Posting Komentar